ERD dan Entitas pada Basis Data

ERD
ERD (Entity Relation Diagram) atau dalam bahasa Indonesia adalah Diagram Hubungan Entitas dalam wikipedia memiliki arti seperti berikut merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpan. Model data sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk mendeskripsikan data-data yang hubungannya satu sama lain, semantiknya, serta batasan konsistensi. dalam arti entitas adalah sebuah model/gambaran /diaram yang menggambarkan suatu hubungan terhadap model yang satu dengan model yan lain yang salin memiliki keterkaitan. ERD sendiri erat hubungannya dalam dunia manajemen basis data,  merupakan suatu rancangan menjadi salah satu kunci untuk menentukan menajemen tabel untuk terciptanya sebuah tabel yang normal dan seefisien mungkin  serta terbebas dari ambiguity(memiliki atribut yang kembar) dari suatu kasus. 
 


ENTITAS
Menurut wikipedia adalah suatu objek yang dapat didefinisikan dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam konteks sistem yang akan dibuat. 

Attribute
Menurut wikipedia Entytas mempunyai elemen yang disebut atribut, dan berfungsi mendekripsikan karakter dari entitas. Atribut adalah properti atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu entitas dimana properti atau karakteristik itu bermakna atau berarti bagi organisasi atau perusahaan, misalnya untuk pencatatan data pegawai di suatu instansi, entitas pegawai mungkin memiliki atribut-atribut nomor induk pegawai, nama, alamat, nomor telepon, gaji pokok dan lainnya. Setiap diagram hubungan entitas bisa terdapat lebih dari satu atribut. Saya rasa itu cukup jelas attribute bisa di anggap juga judul kolom dari suatu tabel. Nah salah satu dari beberapa attribut pada suatu tabel paling tidak harus mempunyai index, nah index ini ada bermacam-macam yaitu primary key, foreign key, unique dll.

Hubungan Relasi/Kardinalitas
One To One
One To Many
  
Many To Many

Dapat di artikan bahwa dari beberapa tabel yang berada di database paling tidak memiliki hubungan yang berkaitan untuk menghasilkan kriteria informasi yang diharapkan, nah dalam tiap relasi tabel tersebut memiliki jenis masing-masing antar lain one-to-many,one-to-one,many-to-many dan many-to-one penentuan jenis tersebut berdasarkan dari hubungan antar entitas atau tabel tersebut, berikut pengertiannya
a. One To One

yang dimaksud dengan relasi one to one adalah suatu hubungan dimana entitas pertama hanya mempunyai 1 hubungan pada entitas kedua. contoh : 1 NIM hanya untuk 1 orang. tidak pernah mungkin 1 NIM bisa dimiliki banyak org
b. One To Many

yang dimaksud dengan relasi one to many adalah suatu hubungan dimana 1 entitas pertama bisa mempunyai banyak hubungan pada entitas kedua. contoh : 1 komputer di lab praktek bisa di gunakan untuk banyak siswa.
c. Many To One

Relasi many to one merupakan kebalikan dari relasi “one to many”. contoh : banyak murid dalam suatu kelas hanya mempunyai 1 wali kelas
d. Many To Many

yang dimaksud dengan relasi many to many adalah setiap entitas pertama dapat mempunyai banyak hubungan pada entitas yang kedua. begitu juga sebaliknya, setiap entitas yang kedua bisa memiliki banyak hubungan pada entitas pertama.

DDL dan DML

1. Data Definition Language (DDL)
Data Definition Language (DDL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk membangun kerangka database. Ada tiga perintah yang termasuk dalam DDL, yaitu:
CREATE : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk di antaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
ALTER : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.
DROP : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.
2. Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah terbuat. Perintah yang digunakan, di antaranya:
INSERT : Perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat.
SELECT : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
UPDATE : Perintah ini digunakan untuk memperbarui data lama menjadi data terkini. Jika Anda memiliki data yang salah atau kurang up to date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya menggunakan perintah UPDATE.
DELETE : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus merupakan data yang sudah tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi
Aggregasi & Grouping

Fungsi agregrasi adalah fungsi yang disediakan oleh MySQL untuk menghasilkan sebuah nilai berdasarkan sejumlah data. Adapun beberapa fungsi agregasi pada MySQL adalah :
AVG -> Rata-rata
COUNT -> Jumlah Data
MAX -> Terbesar
MIN -> Terkecil
SUM -> Jumlah Nilai
Fungsi AVG

menghitung rata-rata gaji karyawan

  1. select avg(gaji) from karyawan;  
menghitung rata-rata karyawan per pekerjaan
  1. select pekerjaan, avg(gaji) from karyawan group by pekerjaan;  
menghitung rata-rata gaji karyawan yang pekerjaannya SALESMAN
  1. select pekerjaan,avg(gaji) from karyawan group by pekerjaan having job='salesman';  
Fungsi COUNT

menghapus jumlah pegawai di tabel karyawan.
  1. select count(*) from karyawan;  
menghitung jumlah karyawan per pekerjaan
  1. select pekerjaan,count(*) from karyawan group by pekerjaan;  
Fungsi MAX

menampilkan informasi gaji terbesar
  1. select max(gaji) from karyawan;  
menampilkan informasi gaji terbesar karyawan per pekerjaan.
  1. select pekerjaan, max(gaji) from karyawan group by pekerjaan;  
Fungsi MIN

menampilkan informasi gaji terkecil
  1. select min(gaji) from karyawan;  
menampilkan informasi gaji terkecil karyawan per pekerjaan.
  1. select pekerjaan, min(gaji) from karyawan group by pekerjaan;  
Fungsi SUM

menghitung total gaji karyawan.
  1. select sum(gaji) from karyawan;  
menghitung jumlah gaji karyawan per pekerjaan dengan tampilan urut naik berdasarkan pekerjaan.
  1.   select pekerjaan, sum(gaji) from karyawan group by pekerjaan order by pekerjaan asc; 
  
GROUPING

1. Order By
order  by adalah perintah di MySql yang berfungsi untuk menampilkan data secara berurutan berdasarkan nilai yang sudah di tentukan. Order by dikelompok menjadi 2 jenis yaitu ascending (data diurutkan dari yang terkecil ke terbesar) dan descending(data diurutkan dari yang terbesar ke terkecil).
        Perintah umum : SELECT *FROM(nama_tabel) ORDER BY atribut ASC/DESC 

2. Group By
Group by adalah suatu perintah yang berfungsi untuk mengelompokkan sekumpulan data dari yang di perintahkan oleh SELECT;

        Perintah Umum : SELECT *FROM(nama_tabel) GROUP BY atribut;

3. Having
Fungsi Having ada keterkaitan dengan Group by dan Aggregasi. biasa digunakan untuk menentukan suatu kondisi tertentu pada group by dan ada keterkaitan dengan fungsi aggregasi. Fungsi HAVING sebenarnya memiliki kemiripan dengan WHERE dalam penggunaannya. HAVING digunakan dalam SQL karena WHERE tidak dapat digunakan dengan fungsi agregasi

    Perintah Umum: SELECT atribut FROM nama_tabel GROUP BY atribut HAVING fungsi_agregasi

4. View
View bisa di artikan sebagai sebuah table semu/bayangan. Data-data pada table view dapat merupakan gabungan dari data pada tabe-tabel lain. View dapat digunakan untuk membatasi pengaksesan atas sebuah table tertentu, jadi user hanya boleh melihat table yang berisi data-data secara spesifik.

       Perintah umum:CREATE VIEW NAMA_VIEW AS<QUERY> 
Contoh:
       CREATE VIEW V_nilaiMHS as Select a.nim, a.nama, b.nama_matkul, c.nama_dosen, d.nilai
       FROM mahasiswa as a, matkul as b, nilai as d, dosen as c
       WHERE a.nim=d.nim and b.kode_matkul=d.kode_matkul and c.nip=b.nip;

Untuk Menampilkan :
        SELECT * FROM Nama_Tabel_semu_yg_telah_dibuat

*untuk Grouping Beberapa bahasan ada yang di ambil di modul tetapi di edit kembali
Mulki Anaz Aliza, 5 April 2014. 07.45 PM

Post a Comment

أحدث أقدم