PDU (Protocol Data Unit) Beserta implementasiannya

Assalamualaikum Good People :)
Dalam kesempatan kali ini saya akan memposting sebuah artikel di blog saya sekaligus untuk memenuhi tugas mata kuliah "Jaringan Komputer" Prodi Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia yang menjelaskan tentang sedikit pengertian tentang "PDU (Protocol Data Unit) Beserta pengimplementasiannya" Baik langsung saja kita saksikan. check this out! :)


Gambaran Umum PDU (Protocol data Unit)     

     Protocol Data Unit (PDU) merupakan sebuah layered data delivery system yang berkomunikasi dengan sebuah perangkat jaringan (network device) atau dengan protocol pada komputer yang sama. Terdapat lima protocol data unit layer, namun layer kelima dan diatasnya diklasifikasikan sebagai layer yang sama, sehingga dapat terdiri lebih dari lima lapisan (layer).
     
      Satu-satunya lapisan fisik (physical layer) yang digunakan untuk berkomunikasi dengan hardware adalah layer pertama (first layer), di mana mengirimkan informasi dalam kode biner, bit demi bit. Ketika data ditransfer, mereka memulainya pada layer tertinggi (highest layer) dan mengalir ke bawah (stream down), dengan setiap layer menambahkan sebuah layer head. Layer kedua (second layer) menambahkan sebuah footer dan mengkonversi atau mengubah data ke dalam bit untuk layer pertama, dan informasi pun dikirim.

    Baik jaringan dan program yang berjalan pada komputer yang sama perlu berkomunikasi dan bertukar data untuk berfungsi. Protocol data unit digunakan sebagai paket untuk membuat dan mengantarkan data tersebut di antara dua protocol atau di antara dua proses.
Terdapat beberapa layer untuk paket-paket data (data packet), di mana semakin banyak layer maka akan semakin jauh data dari physical level. Layer 1 merupakan layer yang spesial ketika dibandingkan dengan protocol data unit layer lainnya, karena layer ini menggunakan sebuah header atau footer untuk membuat data packet.

Berikut Spesifikasi dari Protocol Data Unit:
1. Data-bentuk umum pada application layer
2. Segment-bentuk pada layer Transport
3. Packet-PDU pada layer internetwork
4. Frame-pada layer network access
5. Bit-ada pada layer physicall karena data harus ditransmisikan melalui medium perantara.

Pemberian nama unit ini memudahkan perpindahan data antar layer menggunakan protocol-protocol yang terdapat di masing-masing layer.

Langkah untuk membuat koneksi peer to peer sederhana.






















1. Pertama-tama Buka Cisco Packet Tracer yang sudah ter-install di PC/ Laptop Anda. Kemudian buat project baru

2. Lalu Pilih end device pada baris bawah dan pilih nomor 1 lalu pilih gambar (personal Computer) Lalu tempelkan di layer sebanyak 2 buah.
















3. Lalu Pilih icon "petir" pda bar icon lalu selanjutnya pilih kabel crossover


4. Kemudian sambungkan kedua kabel tersebut dari komputer A ke komputer B dan jangan Lupa pilih option "Ethernet Fast Controller" di kedua komputer yang saling berhubungan tersebut.












5. Kemudian Double-click gambar komputer tersebut dan pilih menu desktop dan pilih "IP Configuration" untuk mengatur IP dari tiap komputer tersebut













6. Set IP dari setiap Komputer lalu bedakan pada akhir alamat IP bebas sesuai dengan selera kalian misal:
Komputer A:
IP Address     : 192.168.1.1
Subnet Mask  : 255.255.255.0
Komputer B:
IP Address     : 192.168.1.2
Subnet Mask  : 255.255.255.0












7. Lalu Cek PING dari salah satu komputer tesebut di menu Desktop Lalu pilih Command Prompt lalu tulis "Ping 192.168.1.1" dan bila connect akan terlihat seperti gambar di samping












8. Lalu untuk mengecek kembali apakah kedua komputer itu sudah saling connect maka coba untuk menransfer pesan dari salah satu komputer ke komputer lainnya lalu lihat hasilnya seperti bagaimana










9. Bila ada tulisan "SUCCESSFULL" Berarti kedua komputer tersebut sudah saling terhubung dan bisa saling mengirim file.

Mungkin sekian penjelasan PDU beserta pengimplementasiannya, sebelumnya saya selaku penulis mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan, selebihnya mohon di kritisi kembali. terimakasih sebelumnya.







Post a Comment

أحدث أقدم