Belajar Pemrograman Javascript (Pertemuan 1)

 Belajar Pemrograman Javascript



Pada pertemuan kali ini, kita akan coba berkenalan dengan pemrograman javascript. sebelum kita mulai ke praktik dan coding, alangkah baiknya terlebih dahulu kita paham dan mengerti dahulu tentang definisi dan kegunaan dari bahasa javascript ini.

Ada beberapa yang akan kita ketahui dan pelajari dari pertemuan pertama kita kali ini yaitu diantaranya :
  1. Definisi, Pengertian serta Kegunaan Bahasa Javascript
  2. Pelaksanaan installasi javascript
  3. Praktek (hello world pertama) dan pengenalan variable pada javascript

Definisi dari Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang pada awalnya dikembangkan untuk membuat website menjadi lebih “hidup” dan lebih interaktif. Bersama dengan HTML dan CSS, JavaScript menjadi bahasa pemrograman paling populer untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Bahasa ini mampu memberikan logic ke dalam website, sehingga website tersebut memiliki fungsionalitas tambahan dan lebih interaktif.

Awalnya JavaScript dibuat supaya dapat berjalan di lingkungan browser dan membuat website menjadi lebih interaktif. Namun, saat ini Anda sebagai developer dapat menggunakan bahasa pemrograman JavaScript di berbagai lingkungan pengembangan. Sehingga, tidak hanya sebatas browser/client, namun JavaScript juga bisa berjalan di server menggunakan Node.js.

JavaScript termasuk ke dalam kategori scripting language. dimana maksud dari scripting languange adalah kode tidak perlu di compile (kompilasi) ketika di eksekusi, melainkan menggunakan interpreter untuk menerjemahkan kode agar di mengerti oleh mesin, sama hal-nya seperti bahasa pemrograman python.

Oleh karena itu scripting language pada dasarnya tidak terlalu membutuhkan banyak kode yang di tulis agar bisa tampil dan di jalankan, dengan satu baris pun bisa tampil. mari kita lihat kode awal kita dalam bahasa javacript.

contoh kode untuk menampilkan "hello world"


dengan 1 baris seperti di atas maka output nya akan langsung keluar, berbeda dengan html atau php yang memang membutuhkan awalan dan akhiran untuk mengeksekusi, contoh html dengan menggunakan <body> </body> dan php dengan menggunakan <?php ?>

Kegunaan dari Javascript

secara garis besar keunggulan dari bahasa javacript sebenarnya ada banyak, terlebih bahasa javascript sendiri telah terkenal karena bahasa pemrograman paling populer pada tahun 2020 lalu.
dan berikut adalah beberapa kegunaan dari bahasa javascript di antaranya
  • General Ourpose
memang pertama nya javascript hanya bisa di gunakan di server side saja, tapi semenjak adanya penunjang lain seperti node js, javascript dapat di gunakan diluar dari browser. javascript bahkan bisa digunakan untuk mengembangkan backend website, program desktop, mobile, dan yang lainnya.
  • Mudah di pelajari
secara syntax, javascript hampir sama seperti python, tidak membutuhkn awalan atau inisiasi untuk melaksanakan code. berbeda seperti bahasa C yang harus di inisiasi dengan #include<stdio.h> int main { }
  • Menjadikan sebuah website menjadi interaktif
dengan dukungan client side, dan banyak sekali dukungan dalam bahasa javascript. sehingga bahasa ini menjadi bahasa yang sangat penting untuk keberlangsungan kemajuan suatu website, dengan penerapan javascript website akan menjadi lebih hidup, karena javascript bisa mengatur alur proses interaktif dengan user di suatu website, di ibaratkan html adalah badan nya, css adalah kulitnya dan javascript adalah otaknya kalau di analogikan seperti manusia.

Persiapan dan praktik javascript

Setelah mengetahui definsii dan kegunaan dari javascript, selanjutnya kita akan ke persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum kita melakukan praktek javascript. adapun beberapa software yang dibutuhkan nya itu diantaranya :
  • Web Browser
Web browser berfungsi untuk menampikan output atau kode javascript yang sudah di buat, dan di intergrasikan dengan html, css agar terbundling. browser rekomendasi dari kami yaitu google chrome.
  • Text Editor
Software untuk membuat code, serta mengatur folder dan file dalam suatu project, kami sarankan menggunakan visual studio code.
  • Node.js
javascript sangat memerlukan node.js agar bisa tereksekusi di terminal. silahkan download terlebih dahulu lalu install secara otomatis di komputer/laptop anda.
link download node.js :

Setelah persiapan beres, selanjutnya kita membuat sebuah folder, silahkan foldernya di simpan dimana saja yang menurut kalian aman directory nya. lalu folder tersebut di open folder dengan visual studio code sehingga tampil seperti berikut :


setelah terlihat seperti di atas di manajemen folder, selanjutnya kita mendownload ekstensi javascript dan code runner di extension javascript. dimana kegunaannya adalah :
javascript : agar sintaks javascript terbaca oleh visual studio code
coderunner : agar bisa running code lewat terminal di visual studio code. 
untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut :

Pastikan kedua ekstension di atas sudah terdownload dan terinstall di visual studio code anda, sehingga setelah terinstall kita akan bisa memulai codingan pertama kita .

Code pertama hello world


silahkan tulis di line 1 seperti gambar di atas, setelah beres menulis code seperti berikut, lalu kita run code dengan mengklik kanan pada layar lalu -> Run Code


setelah klik run code, maka akan langsung muncul output pada visual studio code seperti berikut :


maka praktik pertama telah berhasil di lakukan, output akan di tampilkan oleh coderunner di output visual studio code, dan seperti gambar akan di tampilkan proses running. mudah sekali bukan?


Pengenalan Variable :

Ketika menulis sebuah program, kita memberi tahu komputer cara memproses informasi seperti mencetak teks ke layar atau melakukan operasi perhitungan. Untuk lebih mudah dalam penggunaan dan pemanggilan data, kita bisa memanfaatkan variabel. Variabel umumnya digunakan untuk menyimpan informasi atau nilai yang akan dikelola dalam sebuah program.
dalam javascript terdapat 3 buah variable yang tersedia diantaranya yaitu var, let dan const. dimana setiap nama variable mempunyai fungsi fungsi.
  • var 
yaitu variable pertama yg sering digunakan pada javascript jaman dahulu, tapi semenjak ecmascript di berlakukan , var ini jadi tidak terpakai karena sering bug pada kode.
  • let
yaitu variable terbaru pengganti dari variable var, dimana let pada penggunaan nya variable let ini biasa digunakan untuk variable yang nilai nya bisa  berubah-rubah.

  • const
sedangkan untuk const tersendiri yaitu sebuah variable yang isinya itu konstan atau tidak bisa berubah atau alias terkunci, dimana variable seperti ini dibutuhkan ketika membuat sebuah data secara implisit, salah satu penggunaan const itu ketika kita membuat sebuah array.

mari kita langsung eksekusi variable var dan const seperti gambar di bawah :

lihat di bagian output di paling bawah, untuk hasilnya sebenarnya sama saja, cuma dalam penggunaan nya memang berbeda tergantung variable mana yang akan di gunakan.

sekian untuk pembahasan pertama dan pertemuan pertama dalam pemrograman javascript, diharapkan artikel kali ini bisa sangat membantu untuk para viewer dan bisa bermanfaat untuk ke-depannya. untuk pertemuan selanjutnya kita akan coba pembahasan komentar pada javascript dan operator pada javascript, terimakasih. sampai bertemu di artikel selanjutnya




Post a Comment

أحدث أقدم