Data String pada Pemrograman C

 Data String pada Bahasa C





Pada materi kali ini kita akan membahas tipe data string. dimana dalam pengertian nya sendiri kita akan mencari dulu kata string. dimana definisi dari string tersendiri adalah tipe data yang output nya yaitu data nominal atau sebuah kalimat atau kumpulan karakter, sebagai salah satu contoh dari tipe data string adalah seperti “aku” , “kamu” atau “dia”.


Di dalam pemrograman dasar, khususnya pada bahasa C, tipe data string adalah gabungan antara beberapa char dengan pemanggilan array.


contoh sederhana nya adalah sebagai berikut : 



Output :


Setidaknya ada 6 fungsi manipulasi string yang bisa kita pelajari pada pemrograman dasar dengan bahasa C ini, diantaranya adalah sebagai berikut : 

  1. Strcat()
  2. Strlen()
  3. Strcpy()
  4. Strchr()
  5. Strcmp()
  6. Strstr()


STRCAT()

Fungsi dari strcat dapat di gunakan untuk menggabungkan dua buah string (string1, string2), dimana string hasil penggabungan nya disimpan pada string1.


Input :




Output :





STRLEN()

pada fungsinya strlen ini adalah dapat di gunakan untuk menghitung suatu panjang string, dapat di padukan dengan variable lain agar kita mengetahui panjang dari suatu string


Input :




Output :




STRCPY()

secara harfiah fungsi strcpy() digunakan untuk meng-copy spring dari sebuah variable ke variable yang lain.


Input :




Output :



STRCHR()

Fungsi dari strchr adalah mencari atau mengindeks sebuah karakter tertentu dalam sebuah string, dan mencari jumlah karakter tersebut terdapat berapa banyak


Input :


output :



Strcmp
Dalam strcmp, menerapkan prinsip dari boolean yaitu true or false. dimana jika nilai dari string 1 dan string 2 yang di bandingkan. jika sama akan bernilai 0, dan jika salah akan bernilai 1 atau bisa saja bernilai lain.

input :

output :



STRSTR()

untuk strstr akan kita bahas di pertemuan selanjutnya.


sekian untuk pembahasan materi tentang data string dalam bahasa C. harapannya dalam materi bisa di pahami dengan baik oleh para semua viewer, mohon maaf bila dalam penjelasan materi ada yang kurang baik atau tidak di mengerti, akhir kata. terimakasih :)







Post a Comment

أحدث أقدم