Penerapan Matriks Matematika pada Bahasa C

 Penerapan Matriks Matematika pada Bahasa C




Definisi Matriks Matematika

Matriks adalah sekumpulan bilangan yang disusun berdasarkan baris serta kolom. dan ditempatkan di dalam tanda kurung. baik dalam kurung "[]" ataupun kurung "{}". sesuai dengan definisi, matriks terdiri dari dua bagian yaitu baris serta kolom, untuk baris tersendiri merepresentasikan hitungan data nya ke bawah sedangkan untuk kolom merepresentasikan hitungan data nya ke samping. untuk lebih jelas nya mari kita lihat gambar di bawah ini :



Kita dapat melihat gambar di atas. matriks tersebut terdiri dari 3 baris dan 3 kolom dimana kalau kita baca sesuai baris atau kolom nya satu persatu adalah sebagai berikut :
nilai yang termasuk ke kolom 1 : (1 , 4 , 7)
nilai yang termasuk ke kolom 2 : (2 , 5 , 8)
nilai yang termasuk ke kolom 3 : (3 , 6 , 9)
nilai yang termasuk ke baris 1   : (1 , 2 , 3)
nilai yang termasuk ke baris 2   : (4 , 5 , 6)
nilai yang termasuk ke baris 3   : (7 , 8 , 9)

Berikut adalah penjelasan singkat matriks dalam matematika, selanjutnya kita akan membahas matriks dalam bahasa C .

Definisi Matriks Matematika

Pada bahasa C matriks digunakan untuk pendalaman logika matematika, karena dalam bidang programming erat kaitannya logika khusunya hitungan dengan algoritma yang akan di pakai nanti. Umum nya pada bahasa pemrograman C, matriks yang selalu digunakan adalah matriks dengan dua dimensi. di bahasa C tidak hanya integer saja yang bisa di masukkan ke dalam matriks, string dan char pun bisa di masukkan ke dalam matriks. dan yang terpenting pada matriks bahasa C adalah penamaan nya di mulai dari 0 bukan dari 1 misal ada 3 angka {1, 2, 3} maka dihitungnya yaitu 0, 1, 2. dalam bahasa C kira menerapkan matriks dengan kurung "{}". untuk sederhana nya adalah sebagai berikut :


di atas adalah salah satu contoh matriks berjenis  integer (angka) dengan nama variable bilangan. kita coba cermati baik baik pada bagian [3][3]. maksud 3 yang pertama adalah jumlah bungkusan di representasikan dengan berapa banyak jumlah bungkusan dalam sebuah variable. contoh gambar di atas terdapat 3 bungkusan dimana bungkusan pertama {1, 2, 3} bungkusan kedua {4, 5, 6} dan bungkusan  ketiga yaitu {7, 8, 9}. selanjutnya maksud 3 yang kedua adalah jumlah nilai dalam setiap bungkusan di representasikan sebagai berikut {nilai a, .... , ..... , seterusnya} pada gambar di atas di setiap bungkusan nya terdapat 3 buah nilai.

berikut adalah contoh kode sederhana untuk menampilkan kodingan matriks dengan variable int


dan untuk hasilnya atau output nya adalah sebagai berikut :


Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui hasil inputan nya seperti gambar di atas? mari kita akan coba bahas lebih jauh. mari kita kembali perhatikan gambar di bawah ini.


Karena data kodingan kita di atas adalah terdapat 3 bungkusan dan 3 nilai di setiap bungkusan nya, maka kita representasikan nilainya dengan [3][3]. pada gambar di atas sudah di jelaskkan bahwasannya kolom di inisiasi dari 0 dan di akhiri dengan 2. begitupun sama dengan baris yang di inisiasi dari 0 dan di akhiri dengan 2. berarti kita bisa menyimpulkan bahwa baris dan kolom di atas terdapat 3 buah bungkusan dan 3 buah nilai di setiap bungkusan nya.

perhatikan pada kodingan baris 7 , 8 dan 9. pada baris tersebut merepresantikan output dari kodingan matriks ini. bisa kita lihat di atas untuk hasilnya secara berturut turut adalah :
matriks dengan nilai [0][0] hasilnya adalah 1
matriks dengan nilai [1][1] hasilnya adalah 5
matriks dengan nilai [2][2] hasilnya adalah 9

masih bingung? coba anda perhatikan baik baik pada tabel diatas. nilai 1 [0][0] mana yg posisinya berada di posisi baris 0 dan kolom 0 pasti jawaban nya adalah 1. lalu di lihat kembali untuk hasil no 2 yaitu [1][1], kita lihat nilai yg posisi nya baris 1 dan kolom 1 dan jawaban nya adalah 5. lalu kita lihat hasil akhir yaitu nilai [3][3] pada output ke 3, kita lihat nilai yang posisinya di baris ke 2 dan kolom ke 2 dan pasti jawaban nya adalah 9.

nah berikut adalah untuk penjelasan matriks secara sederhana dengan menggunakana tipe data integer. akan ada sedikit tambahan matriks dengan tipe data string. berikut adalah kode nya : 



dalam kode di atas, untuk penulisan sintaks nya hampir sama dengan matriks dengan nilai int, yang jadi membedakan adalah dalam int pemanggilan variable nya dengan int  dan untuk string pemanggilan variable nya adalah dengan menggunakan char* dimana maksud * dari char ini adalah gabungan dari beberapa char sehingga membentuk sebuah string.

silahkan praktekkan kodingan di atas untuk pembelajaran matriks dalam bahasa C. kalian bisa menggunakan IDE secara online dengan link berikut : 
untuk melakukan praktek koding diatas tidak harus selalu menggunakan komputer atau laptop. dengan menggunakan handphone juga bisa lho. selamat mencoba ya.

sekian untuk artikel saya kali ini, mohon maaf bilamana adalah kesalahan dalam materi dan penyampaian kata, harapan besar para viewer bisa mengerti dan memahami materi di atas, dan semoga bermanfaat di kemudian hari. terimakasih,  spread with love

1 تعليقات

إرسال تعليق

أحدث أقدم