Pengenalan Tipe Data, String dan Number pada Python

Tipe Data, String dan Number pada Python




Setelah sebelumnnya kita telah berkenalan dengan introducing atau pembukaan dari bahasa pemrograman python, selanjutnya kita akan membahas materi selanjutnya atau materi ke 2. yaitu tentang tipe data, string dan number pada python. kita akan bahas satu persatu di mulai dari tipe data terlebih dahulu.

Tipe Data

Tipe data bisa di definisikan sebagai suatu media pada komputer yang digunakan untuk menampung informasi. atau bisa di generalisir yaitu pada dasarnya variable yang kita buat itu adalah menjadi bagian dari suatu tipe data. dan jenis nya pun ada beberapa, di setiap bahasa pemrograman, untuk tipe data jenis nya pasti berbeda, ada yg lebih sedikit bahkan ada yg lebih banyak.

Untuk tipe data pada python sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu tipe data purba dan tipe data baru. dimana dapat di kategorikan sebagai berikut :

1. Tipe Data Purba
- Tipe Data String
- Tipe Data Numbers
- Tipe Data Boolean

2. Tipe Data Baru
- List
- Map
- Tuple
- Dictionary

pada materi kali ini kita akan membahas tipe data purba saja terlebih dahulu. karena sebelum menguasai tipe data baru. kita di wajibkan untuk memahami betul tipe data sebelumnya dahulu yaitu tipe data purba. sesuai penjelasan di atas, tipe data purba terdiri dari 3 yaitu string, number dan boolean. di setiap jenis ada turunan nya juga, kita bahas untuk string terlebih dahulu.

a. String

Tipe data string bisa kita definisikan sebagai kumpulan karakter atau teks yang output nya yaitu menyimpan suatu teks atau kalimat. String ini selalu di gunakan untuk variable yg bentuknya kalimat seperti contoh variable nama, variable alamat, variable hobby dan lainnya. mari kita lihat salah satu code string itu sendiri. untuk source code string sebagai berikut :

bisa di lihat kode di atas, kelebihan dari tipe data string sendiri adalah kita bisa menambah isi dari variable tanpa harus membuat variable baru atau mengedit tipe data yang sudah ada. cukup dengan menambahkan sintaks + dan kalimat. maka isi data akan bertambah.
pada string juga ada beberapa fungsi yang bisa di pelajari diantaranya yaitu :

lower    : untuk mengubah teks menjadi kecil
upper   : untuk mengubah teks menjadi besar
len        : menghitung panjang kata
[]           : menghitung posisi sesuai array
index    : mencari posisi karakter sesuai array
replace : mengganti isian dari string

fungsi di atas hanya sedikit dari fungsi yang lain yang tersedia untuk string. berikutnya kita akan membahas tipe data numbers.

b. Numbers

tipe data numbers atau numerik adalah jenis data bersifat angka, bisa angka bulat, angka desimal dan angka kompleks. beberapa tipe data yang di miliki oleh numbers adalah diantaranya :
- Integer
integer menampilkan angka berbentuk bulat. tidak mengandung nilai desimal.
contoh : 1, 2, 3
- Float
float menampilkan angka berbentuk desimal atau pecahan, pada python bilangan desimal di pisahkan oleh (.) titik untuk memisahkan bilangan nya.
contoh : 5.5 , 9.8
-Complex
complex menampilkan angka berbentuk imanjiner atau campuran.
contoh : a = 5j. c = 8c

mari kita coba lihat source code untuk tipe data numbers, di gambar tersebut akan menjelaskan prosedur number serta fungsi yg ada.


pada gambar di atas di jelaskan tentang number beserta fungsinya. dan untuk fungsi pengertiannya adalah sebagai berikut :
str     : merubah tipe integer menjadi string
abs    : mengubah nilai negatif menjadi positif
pow   : Pemangkatan (n * n * n)
max   : mencari nilai maksimum
min   : mencari nilai minimum
round: mengubah nilai desimal menjadi bilangan bulat

c. Boolean

Tipe data boolean adalah tipe data yang paling simpel dan mudah. Tipe data boolean hanya menyimpan dua buah nilai, yaitu; True dan False. Nilai True untuk pernyataan bernilai benar, dan False untuk merepresentasikan pernyataan yang bernilai salah. Penulisan True dan False di huruf pertama harus menggunakan huruf besar dan biasanya tipe data ini digunakan ketika melakukan pengecekan oleh suatu kondisi yang menggunakan fungsi IF. Nilai boolean sangat penting sekali terutama pada baris program yang mengandung logika.
Booelan dilambangkah oleh :
TRUE       = Benar
FALSE      = Salah

Sekian untuk pembahasan kali ini di artikel terbaru. mari kita lanjutkan materi selanjutnya di artikel selanjutnya, harapan ke depannya viewer dapat mengerti dan memahami apa isi dari artikel ini, dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

1 تعليقات

إرسال تعليق

أحدث أقدم