TIPS TERBAIK RAKIT KOMPUTER SESUAI BUDGET

 TIPS RAKIT KOMPUTER SESUAI BUDGET





Hallo kembali, selamat datang kembali di website saya. artikel kali ini kita akan membahas tentang Tips terbaik rakit komputer sesuai dengan budget. tetapi sebelum ke inti materi mungkin ada sedikit pertanyaan seperti ini. Apakah dengan uang 1 juta rupiah bisa merakit sebuah komputer? jawaban nya adalah YA BISA! tentu bisa, dengan uang minimal 1 juta sudah bisa merakit komputer sederhana dengan penggunaan sehari hari office atau game ringan. tentu saja dengan pernyataan seperti ini kita terlepas dari paradigma bahwa merakit komputer itu mahal, tentu saja tidak dan tidak selalu.

untuk merakit sebuah komputer, ada beberapa komponen yang memang wajib di beli, dan ada komponen yang memang bisa di kesampingkan terlebih dahulu bila budget memang belum sesuai. di bawah ini mari kita bagi komponen sesuai dengan versi saya .

Komponen Penting :
1. Motherboard
2. Processor
3. RAM
4. Harddisk
5. PSU
6. Monitor
7. Periperal IO (Mouse dan Keyboard)

Komponen Sekunder :
1. VGA (Bila processor include iGPU)
2. Casing (Optional Penting atau Sekunder)
3. Speaker
4. Headset
5. Webcam

Nah berikut adalah komponen yang telah di bagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan kebutuhannya. sebelum kita beranjak lebih jauh, alangkah lebih penting nya kita mengetahui fungsi fungsi komponen yang ada di atas, mari kita lihat penjelasan dari Komponen Penting terlebih dahulu.

Komponen Penting 


1. Motherboard



Mainboard atau motherboard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat memasang semua hardware yang ada pada komputer. motherboard idealnya berbentuk seperti papan berbentuk persegi atau persegi panjang, dalam motherboard terdapat bagian penting yaitu chipset dimana fungsi chipset dimana dalam chipset terdiri dari 2 bagian yaitu northbridge dan southbridge dimana  fungsi dari southbridge adalah mengatur kerja peripheral seperti controller, BIOS, I/O (keyborad, mouse) dan I/O lainnya, sedangkan fungsi dari northbridge adalah menjembatani arus data  kepada main memory baik RAM dan Harddisk serta Processor, PCI Bus dan Power Management. Pada motherboard jenis Intel, terdapat 3 jenis motherboard yang terkenal dan selalu menjadi langganan konsumen yaitu motherboard chipset H (paling murah). chipset B (kelas medium) dan chipset Z (tipe elit atau termahal).

2. Processor


Prosesor adalah komponen utama atau otak dari laptop / komputer. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memiliki fungsi yang penting bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor, processor dalam mengalirkan perintah kepada semua perangkat yang ada di motherboard, pemilihan processor terbaik akan mempengaruhi kinerja dan performa komputer. mari kita lihat sejarah processor dari intel. pada bagian ini sangat penting untuk dicermati sehingga kita bisa melihat dan mulai memikirkan untuk merakit komputer sesuai dengan budget.



(Silahkan klik gambar agar di perbesar)


3. RAM



RAM pada dasarnya adalah penyimpan memori sementara.. Memori yang ada pada RAM kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses informasi dari aplikasi maupun program yang ada dan kamu simpan di dalam RAM. kelemahan dari RAM adalah ketika komputer dalam keadaan mati maka ketika di nyalakan kembali data akan hilang dan kembali dari 0

4. Harddisk


Harddisk adalah komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Dokumen,  foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi maupun konten digital  tersimpan di hardisk. Hardisk juga dapat berupa eksternal dan juga berupa internal. harddisk tersambung dengan motherboard menggunakan kabel SATA dan tersambung pada PSU dengan kabel PIN. Harddisk sangat rentan dengan kerusakan apabila pemakaian yang tidak baik, sebaiknya selalu backup file penting anda ke dalam cloud (One Drive, Google Drive, Dropbox) agar file aman dan tersimpan dengan baik.

5. PSU


Pada dasarnya PSU adalah pengalir arus listrik dari sumber listrik dan mengalirkan ke seluruh komponen komputer dengan proses yang sangat baik. semakin besar konsumsi daya yang di butuhkan oleh komputer maka semakin besar watt PSU yang di butuhkan serta kualitas pun harus yang lebih baik.

6. Monitor



Monitor adalah salah satu komponen penting untuk sebuah komputer karena pada fungsinya adalah menampilkan output display dari VGA atau GPU Komputer. prapemrosesan dari processor lalu di proses oleh VGA/GPU segala perintah dar processor lalu ditampilkan oleh monitor agar bisa di pakai oleh user. untuk kabel input yang masih di pakai saat ini adalah kabel VGA, kabel HDMI dan kabel DP (terbaru)

7. Keyboard dan Mouse


Fungsi Eksternal yang sangat penting untuk keberlansungan berjalannya suatu komputer. untuk fungsi secara umum keyboard adalah alat untuk mengetik segala sesuatu yang di lakukan oleh user dan di proses oleh komputer dan pengertian mouse adalah sebagai kursor untuk memudahkan gerak kursos pada komputer untuk user.

Nah, begitulah beberapa komponen penting yang memang harus wajib ada untuk di bentuk menjadi sebuah komputer yang bisa berjalan dengan lancar.

Berikut ini mari kita membahas fungsi dari komponen sekunder yang wajib di miliki untuk merakit sebuah komputer. sebenarnya agak rancu disini kenapa harus di kategorikan sebagai sekunder padahal memang seharusnya wajib juga? kami disini menyesuaikan dengan budget para viewer barangkali ingin membeli komputer dengan harga sesuai budget. bisa di garis bawahi disini bahwa casing bisa dikatakan wajib bila kalian membeli casing built up saja atau yang standar dengan harga kurang dari 100 ribu. masalahnya disini bila kita ingin merakit komputer high-end, casing gaming standar saja harga paling murah di mulai dari 350ribu sd 2juta untuk casing gaming flagship yang paling mahal.
Lalu kita akan bahas tentang VGA atau GPU (Graphical Processor Unit) kenapa di masukkan kedalam kategori sekunder? untuk standaran komputer di atas 1 juta, GPU bawaan processor menjadi solusinya kalau hanya untuk pemakaian office biasa atau gaming ringan, dengan iGPU intel hd pun sudah cukup, kecuali kalau anda ingin merakit komputer budget lebih dari 2juta, dana sebagian bisa di alokasikan untuk membeli VGA eksternal. harga termurah VGA DDR3 dimulai dari 300rb an saja, tetapi tidak akan optimal jika kelas DDR3. disarankan membeli VGA DDR5 murah dengan harga di mulai dari 500-700 rb an saja untuk VGA entry paling bawah yaitu GT 710 atau VGA favorit murah tapi kinerja bagus yaitu GT 1030 dan GT 750ti.

Komponen Sekunder

Untuk komponen sekunder ini maksudnya bisa di beli nanti bilamana budget sudah ada. berikut adalah beberapa komponen sekunder yang pastinya kita sendiri ingin sekali membelinya untuk menjadi spek komputer idaman

1. VGA / GPU Eksternal



Graphical Processor Unit (GPU) / VGA adalah satu komponen terpenting pada suatu komputer. pada dasarnya kerja dari vga tersendiri adalah mengolah data dan menampilkan nya melalui suatu tampilan berupa visual dan menerjemahkan untuk di tampilkan ke dalam monitor. dalam perkembangan nya sendiri, VGA ini terdiri dari 2 merk yg terkenal diantaranya nvidia dan radeon. berikut adalah simulasi tipe vga beserta harga nya, barangkali akan menjadi referensi buat anda yang ingin membeli VGA.


2. Casing Gaming



Seperti yang saya katakan di atas, casing disini bisa berupa komponen penting bila dana yang kita puny pas pas-an maka hendak membeli casing standar built up saja dengan harga 75-100 rb saja. dan apabila anda mengiginkan casing yang memang kelas gaming sepertinya anda harus menaruh casing ini di komponen sekunder saja. karena masih banyak komponen lain yang lebih baik untuk di upgrade daripada mengutamakan casing. untuk casing gaming harganya di sekitaran 400rb sd 2juta. disesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang anda punya.


3. Speaker Eksternal


Untuk komputer, speaker ini memang sifatnya wajib. tapi bila budget tidak cukup speaker ini bisa di kesampingkan. pada fungsinya sendiri speaker berfungsi untuk menampilkan suara yang di proses oleh komputer. pemilihan speaker yg baik akan mempengaruhi kualitas suara yang di keluarkan.

4. Headset Gaming


Headset sendiri hampir sama fungsinya dengan speaker perbedaan nya hanya headset untuk suara di konsumsi oleh diri sendiri untuk pengalaman yg lebih baik, dan bisa kedap suara dari suara di sekitar. pemilihan headset pun berpengaruh untuk kualitas suara yang di dapatkan.

5. Webcam


Webcam atau web camera adalah hardware yang berbentuk kamera digital dan dihubungkan ke komputer maupun laptop. Tidak hanya berfungsi untuk mengambil gambar atau merekam video saja, webcam dapat melakukan lebih dari kamera digital biasa. website sangat di butuhkan untuk komputer bilamana pengguna seorang content creator seperti youtuber atau pengguna yang sering melakukan meeting menggunakan zoom. karena berbeda dengan laptop yang sudah include dengan kamera, sedangkan komputer harus beli secara terpisah.

Simulasi perakitan komputer sesuai dengan budget

mari selanjutnya kita akan coba mensimulasikan perakitan sebuah komputer tergantung dengan budget yang kita punya. disini saya mensimulasikan 4 buah paketan di sesuaikan dengan budget dimulai dengan paket murah 1juta, paket murah 2 juta, paket medium 4 juta dan paket elite hemat 8 juta. mari kita langsung lihat simulasinya

1. Paketan 1 (harga 1 juta)


Dengan uang cukup 1 juta lebih sedikit, kita sudah bisa built up sebuah komputer sederhana dengan lengkap. untuk spesifikasi seperti ini setelan pekerja kantoran atau siswa pun cukup untuk sekedar Office, game ringan dan web development (XAMPP, VSCODE) dan bisa install Adobe Photoshop meski lumayan berat, disarankan untuk menggunakan Windows 7 agar kinerja lebih optimal.

2. Paketan 2 (harga 2 juta)


Dengan nambah sekitar 700rb sd 800 ribu kita bisa mendapatkan komputer yang kecepatan nya 2 kali lipat dari paketan 1. disokong oleh processor gen 4 dan ram 8gb akan memberikan kinerja yang lebih cepat dan siap memakai windows 10 sebagai sistem operasi. untuk penggunaan OFFICE dan game ringan serta desain seperti grafis dengan adobe photoshop atau editor video dengan filmora komputer dengan spesifikasi seperti ini akan sanggup. untuk web development (XAMPP, VSCODE) aman, bisa untuk data science dengan menginstall Anaconda atau Google Collab. 

3. Paketan 3 (4 juta dapat DDR 4) dan VGA tambahan


Memang untuk budget seperti ini lumayan di kisaran range 3-4juta tetapi sudah mendapatkan spesifikasi komputer yang benar-benar optimal, kecepatan bisa 2.5x lebih baik dari paketan 2. disokong dengan VGA external GT 1030 komputer spesifikasi seperti ini siap bermain game berat seperti PES 2022, GTA 5, DOTA 2 dan game steam lainnya yg equivalent. untuk Android Development kemungkinan bisa dan Mobile Development dengan Flutter akan lancar, Web Development dan data Science akan dilibas dengan mudah dengan spesifikasi seperti ini. serta untuk editing video sudah bisa menggunakan adobe premiere bahkan adobe illustrator untuk desain illustrasi.

4. Paketan Elite Hemat (All Part New) 8 juta


Dan ini adalah paketan rekomendasi dari kami kalau memang anda mempunyai budget yang lumayan dan bisa mendapatkan spesifikasi elit dengan semua komponen Baru alias NEW. Kecepatan bahkan bisa 2kali lipat dari Paketan 3. untuk desain semua bisa dilibas seperti adobe premier, illustrator bahkan after effect. untuk 3d modelling unity dan blender akan bisa berjalan. untuk programming, android studio pasti akan berjalan dengan lancar, deep learning dengan rendering pun akan berjalan dengan normal meski dapat frame rate sedang. untuk game kelas wahid pun akan bisa di jalankan meski dengan graphic low/normal seperti cyberpunk 2077 (medium), horizon of dawn (medium), metro Exodus (medium), GTA 5 (high), Genshin Impact (High), Dota (high). dengan spesifikasi seperti ini game akan berjalan dengan lancar dalam resolusi HD (1920 x 1080). dan pengguna akan di manjakan dengan performa dengan budget yang di berikan akan seimbang bahkan jauh lebih baik.


















2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post