IF Statement pada Python

 IF Statement pada Python




Selamat datang kembali di artikel terbaru di website saya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi terbaru dari series python sekaligus pematerian ke 4 dari python yaitu pembahasan IF Statement atau percabangan. maka dari itu mari kita langsung bahas ke materi. 

Pengertian IF (percabangan)

sebelum menuju ke definisi, kita harus mengetahui terlebih dahulu kapan waktu atau kondisi yang tepat dalam menggunakan IF atau percabangan. pemgambilan keputusan IF ini digunakan untuk mengantisipasi kondisi yang terjadi pada saat program berjalan dan di hadapkan dengan lebih dari 1 kondisi atau terusan. maka itu pengambilan IF akan di pilih bila kondisi a tidak sesuai maka di lempar ke b dan seterusnya. 

pada kondisi percabangan, terdapat 3 buah option diantaranya :

1. IF
If adalah option utama yang akan tereksekusi jika nilai bernilai true 
2. Else
Else adalah option terakhir bila di setiap kondisi yang dipanggila semua bernilai false atau salah, maka jalan terakhir nya adalah else yang akan keluar outputnya.
3. If Else
If Else adalah option bila IF kondisi pertama bernilai False atau salah maka selanjutnya adalah memanggil kondisi baru dengan Elif (penulisan dalam bahasa python)

Contoh Source Code IF (Percabangan)

setelah pengertian if secara sederhana telah di jelaskan, selanjutnya kita akan mencoba untuk mempraktekan langsung penerapan IF pada python.
Berikut adalah contoh source code nya :



Kita telah melihat source yang telah di tampilkan di atas, selanjutnya kita akan coba membahas satu persatu.

pembahasan IF pertama

Setidak nya minimal ada dua buah variable yang akan di perbandingkan.
karena kondisi b > a

maka harus di pastikan nilai variable dari b harus lebih tinggi dari variable a. dan dilihat dari if pertama tereksekusi ketika else bagian terakhir. yang berarti kondisi if pertama dan if kedua tidak memenuhi apa yang di proses . diketahui nilai a = 200 dan nilai b = 33. maka dipastikan kondisi b > a adalah salah, karena seharus nya a > b maka jawabannya akan benar, maka dari itu hasilnya di lemparkan kepada else bagian terakhir, karena itu adalah hasil yang paling tepat.

pembahasan IF kedua

disini kita menggunakan nilai boolean pada kedua buah variable dimana variable is_male bernilai true dan variable is_tall bernilai false

if disini akan mencari nilai yang bernilai true saja, maka dari itu hasilnya adalah Kamu laki laki atau tinggi atau keduanya

pada kondisi if pertama langsung di eksekusi karena nilainya benar

pembahasan IF ketiga

pada IF ketiga terdapat tiga buah variable yang berisi integer, dimana pada IF ini dicari nilai variable max atau tertinggi, dikarenakan pada print dicari nilai max_num atau dengan kata lain mencari nilai yang paling tinggi. karena 3 variable di atas bernilai 3, 40 dan 5 maka jawabannya adalah 40.

Kalkulator program dengan menggunakan if

setelah di jelaskan diatas untuk penjelasan IF mari kita mencoba source code terbaru yang telah membentuk sebuah program yaitu program kalkulator, mari kita coba perhatikan source code nya :



diatas adalah penerapan IF untuk membuat sebuah program sederhana, dengan memanfaatkan kondisi yang di sesuaikan dengan operator aritmatika di antaranya pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. dan nanti hasilnya akan muncul ketika kita telah menginputkan nilai pada variable 1 dan variable 2.

Sekian untuk materi pengenalan IF pada python, harapan nya adalah materi mudah di mengerti. mohon maaf bila mana ada salah penyampaian kata atau penjelasan materi. sampai bertemu di artikel selanjutnya, adios....


Post a Comment

Previous Post Next Post