LIST dan Tuples pada Python

 List dan Tuples pada Python




Akhirnya kita kembali lagi ke pembahasan python series selanjutnya setelah kemarin kita telah membahas tipe data string dan number dengan kategori tipe data purba. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan materi selanjutnya untuk pengenalan pada python sebelum nanti kita masuk ke materi fundamental python. ada beberapa hal yang harus kalian pelajari materi di artikel ini, yaitu pelajari artikel pertama dan kedua series python pada blog saya ini. setelah kemarin telah membahas tipe data purba dan tipe data baru. maka sekarang kita akan menjelaskan perbedaan dari kedua jenis data tersebut.

tipe data purba (primitif)
Tipe data purba hanya dapat menyimpan satu nilai saja,  dan tidak dapat di ubah isi datanya dengan menggunakan cara yang sama dengan tipe data baru. pada python ada beberapa jenis tipe data yang termasuk kepada tipe data purba. diantaranya adalah sebagai berikut :

1. String
2. Number
3. Boolean 

untuk definisi dan contoh kode sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. silahkan cek artikel saya sebelumnya pada link berikut  :

tipe data baru (non primitif)
Tipe data baru atau non primitif dapat menyimpan lebih dari 1 nilai, dan isi dari tiap data nya bisa di rubah dan di manipulasi. tetapi dalam pembuatannya, data harus di isi sendiri persis seperti array dan class. dan isi dalam datanya bisa berupa string, number, boolean (tipe data purba). Dalam python terdapat 4 jenis tipe data baru, diantaranya :

1. List
2. Tuples
3. Set
4. Dictionary

Pada artikel ini kita fokuskan di 2 buah tipe data baru yang sering dipakai yaitu list dan Tuples. Berikut adalah penjelasan dari data yang akan kita bahas.

List

Tipe data list adalah tipe data koleksi yang bersifat ordered (terurut) dan juga bersifat bisa berubah (bisa diubah). Tipe data ini bisa kita definisikan dengan tanda kurung siku [] di dalam Python. setiap data pada list di pisahkan oleh koma. setiap elemen data di dalam list  akan di berikan posisi atau indeks nya, dan untuk pengurutan nya di mulai dari 0 dan dilanjut seterusnya.

Ciri pada list adalah sebagai berikut :

- Data sesuai indeks dengan urutan
- Dimulai dari 0 dan seterusnya
- Data dalam list tidak boleh sama
- Data dapat dirubah

Setelah mengetahui definisi dan fungsi dari list, mari kita coba praktekan langsung di dalam kode tentang penerapan list pada python. berikut untuk kode nya :

dan code di atas penjelasan dari penerapan list pada python. mari kita pahami fungsi yang di eksekusi pada source code di atas. kita bahas satu persatu.

extend untuk menggabungkan dua buah list atau lebih
append untuk menambah data pada list di bagian akhir
insert untuk menambah data pada list sesuai posisi yang dipilih
remove untuk menghapus data pada list sesuai posisi yang dipilih
pop untuk menghapus data pada list di bagian akhir
index untuk memanggil data pada list sesuai posisi
count untuk menghitung jumlah data pada list
sort untuk mengurutkan isi data dalam list sesuai abjad
reversed untuk mengurutkan isi data dengan reverse atau terbalik
copy untuk menduplikat list ke variable baru

dan itulah penjelasan dari list pada python, ada berbagai macam fungsi pada list python yang bisa kita pelajari untuk bisa jauh lebih paham dan mengerti.

Tuple

Tuples pada python adalah sebuah jenis tipe data yang berupa objek python yang isi nya tidak dapat berubah. Tuple adalah urutan sama seperti list, perbedaan nya untuk tuple data tidak dapat dirubah sedangkan list data dapat berubah, tuple di inisiasi dengan menggunakan tanda kurung "()", sama dengan list, data pada tuple di pisahkan dengan koma. 

Ciri pada tuple adalah sebagai berikut :

- Data tidak dapat berubah
- Tuple adalah berbentuk urutan sama dengan list

mari kita simak penerapan tuple pada python dalam bentuk source code sebagai berikut :

berikut adalah untuk penjelasan tuple pada python. ada beberapa fungsi yang bisa kita pelajari, meski untuk fungsi tidak terlalu banyak seperti list di karenakan tuple data nya data yg protected, tidak dapat berubah. dan akan sangat penting untuk fitur fitur tertentu.

Dan begitulah pembahasan artikel series python yang membahas materi list dan tuples pada python. harapan nya adalah artikel kali ini dapat di mengerti dan dipahami, mohon maaf bila dalam penyampaian materi kurang jelas atau ada yg salah mohon di koreksi. terimakasih 

    

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post