Persiapan Belajar Pemrograman PHP

 Persiapan Belajar Pemrograman PHP


Selamat sore semua, kembali lagi dengan saya. kali ini kita akan membahas materi di series terbaru di pemrograman web dengan bahasa pemrograman PHP. Sebelum memulai pemrograman dengan menggunakan PHP , alangkah lebih baik untuk mempelajari terlebih dahulu pemrograman web dasar dengan bahasa HTML dan CSS dan Javascript dasar, bila sudah memahami ke tiga komponen tersebut, maka bisa dilanjutkan untuk materi pemrograman PHP.

Definisi PHP

PHP adalah singkatan dari hypertext preprocessor yaitu pemrograman berbasis client side server dimana maksud client side server disini adalah, pemrograman yang berjalan di sisi server atau biasa di sebut di backend. ketika di inspect elemen suatu halaman, maka kode dari php ini tidak akan tampil. dan hanya akan menampilkan front end nya saja yaitu (html, css dan javascript).
Client side server diproses oleh web browser. Saat web browser Anda (klien) meminta halaman yang memuat skrip sisi klien, server akan merespons dengan mengirimkan source code (kode sumber) yang bisa dijalankan oleh browser.

Beberapa keunggulan dari PHP diantaranya adalah sebagai berikut :

- Mudah dipelajari
Anda bisa mempelajari PHP dengan mudah karena tersedia dokumentasi lengkap tentang fungsinya beserta contoh.
- Banyak digunakan
PHP umum digunakan untuk membuat berbagai jenis platform seperti e-commerce, blog, media sosial, dan lain-lain. Data menunjukkan bahwa 79% website yang ada menggunakan PHP.
- Hemat biaya
PHP adalah bahasa pemrograman/skrip yang open-source, memungkinkan Anda menggunakannya secara gratis.
- Ada banyak komunitasnya
jika menjumpai masalah terkait PHP, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak blog yang secara spesifik membahas PHP di internet.
- Terintegrasi dengan database 
beberapa contoh program database yang terintegrasi dengan PHP adalah MySQL, Oracle, Sybase, DB2, dll.
- Banyak API pendukung
karena penggunaan dan komunitas nya banyak dan bahasa pemrograman yang tergolong tua, maka banyak penyedia layanan API membolehkan penggunaan pengintegrasian untuk PHP.

Persiapan Pemrograman PHP

Sebelum memulai kodingan pertama kita untuk PHP, ada beberapa software yang di butuhkan untuk menjalankan pemrograman PHP ini. diantaranya adalah :
1. Visual Studio Code


Link Download :

Visual studio adalah software untuk melakukan code editor dengan free atau secara gratis, banyak fitur yang tersedia di visual studio code dan salah satu software yang paling banyak di gunakan oleh para programmer.

2. XAMPP

Link Download :

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Langkah install software dan konfigurasi file

- Langkah 1
Install Visual Studio Code sesuai arahan rekomendasi software, usahakan pilih express install biar lokasi directory nya default
Install XAMPP sesuai dengan arahan rekomendasi software. untuk penempatan default saja yaitu di C:\XAMPP

Langkah 2

Dalam PHP, untuk pembuatan project wajib penempatan nya di dalam folder htdocs. dimana di dalam htdocs tersebut berisi setiap project php yang akan dan sudah berjalan. seperti contoh di atas, kita buat folder belajarphp sebagai project pertama kita

Langkah 3

Silahkan buka aplikasi Xampp di PC kalian bisa secara langsung di start atau bisa di buka di directory nya langsung di xampp/xampp-control. lalu nyalakan action start untuk Module Apache dan MySQL. harus di ketahui juga Apache itu untuk menyalakan server side atau localhost dan MySQL untuk mengakses database sehingga bisa mengakses phpmyadmin.

Langkah 4

Buatlah file berekstensi php dengan nama helloworld.php , untuk penambahan file bisa gunakan ikon kertas plus diatas seperti gambar.

Langkah 5


Lalu masukkan kode percis seperti gambar di atas di file helloworld kalian. setelah kodingan sederhana itu dibuat lalu save.

Langkah 6


Untuk eksekusi file php kalian wajib menggunakan browser, saya rekomendasikan menggunakan google chrome agar simple dan gampang. untuk memanggil file di browser, perhatikan baik baik tulisan di atas yaitu localhost/belajarphp/helloworld.php. dimana untuk penjelasannya yaitu :

localhost            : sebagai server side, yaitu Apache yang kita nyalakan sebelumnya di control panel
belajarphp        : Direktori Folder yang berisi kumpulan file php dalam suatu project.
helloworld.php : file yang berisikan kodingan sederhana php di atas

Nah, akhirnya program pertama kita di php sudah selesai, meskipun sederhana tapi pada tahap ini sangat penting sekali untuk pemahaman bahasa pemrograman PHP ke depan nya. 

Sekian untuk materi pertama persiapan dan pengenalan PHP, harapan nya adalah materi mudah di mengerti. mohon maaf bila mana ada salah penyampaian kata atau penjelasan materi. sampai bertemu di artikel selanjutnya, adios....

Post a Comment

أحدث أقدم