Installasi Laravel dan Project Pertama

 Installasi Laravel dan Project Pertama





Setelah penginstallan Xampp dan composer sesuai dan berjalan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah kita mencoba membuat project laravel pertama kita, di bawah akan di jelaskan secara rinci bagaimana membuat project laravel.

Membuat Project Pertama Kita

1. Silahkan Buka Command Prompt 


Pertama, buka CMD di windows dengan cara windows + R lalu tulis cmd lalu tekan ok sehingga tampil tampilan seperti di atas.

2. Atur path penempatan project kita (optional)

Keterangan : 

CD ..               : untuk back ke path sebelumnya
CD Directory  : untuk next ke path selanjutnya


path pertama otomatis akan mengarah ke directory users. silahkan ikuti langkah langkah di atas sehingga path sampai menuju lokasi htdocs yang berlokasi di dalam xampp. untuk lokasi xampp silahkan disesuaikan dengan yang ada di komputer/laptop kalian. kalau disini saya lokasi xampp ada di directory C. silahkan untuk menulisankan cd.. sebanyak 2 kali agar sampai ke directory C:  utama. lalu setelah itu silahkan cd(directory) dengan langkah pertama cd xampp lalu enter, di lanjutkan kembali dengan cd htdocs. dan kita sudah sampai di directory htdocs tujuan kita.

3. Membuat project pertama

dalam laravel, perintah untuk membuat project pertama adalah sebagai berikut :

composer create-project laravel/laravel example-app

perintah di atas kalian salin ke cmd seperti gambar berikut :


Lalu enter saja dan tunggu beberapa menit karena proses download yang lumayan banyak. catatan : install laravel wajib menggunakan internet.


Gambar di atas sedang melakukan creating project dengan composer

4. Memanggil project dengan php artisan serve


Setelah package terdownload semua, selanjutnya CD directory projectnya lalu memanggil project dengan command sesuai dengan gambar di atas :

php artisan serve

maka akan tampil port server yaitu (default) 127.0.0.1:8000

silahkan salin port tersebut ke browser yang akan di gunakan.

5. Tampilan pertama laravel


Jika perintah pemanggilan port sudah di eksekusi di web browser maka akan tampil tampilan landing page laravel sesuai gambar di atas. Dan pembuatan project sudah bisa kita lakukan.
















1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post