While dan For pada Python

 While dan For pada Python




Selamat datang kembali di artikel terbaru di website saya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi terbaru dari series python sekaligus pematerian ke 5 dari python yaitu pembahasan While dan For atau Perulangan. maka dari itu mari kita langsung bahas ke materi.


Definisi Perulangan

Perulangan dalam dunia pemrograman adalah baris kode atau instruksi yang dieksekusi oleh komputer secara berulang-ulang sampai suatu kondisi tertentu terpenuhi . Konsep perulangan ini didukung di semua bahasa pemrograman modern, termasuk di antaranya adalah python.

Materi perulangan sangatlah penting, dengan perulangan kita bisa mengeksekusi suatu program berkali kali dengan jumlah tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. perbedaan perulangan dan percabangan adalah kalau percabangan program akan mencari kondisi tertentu yang sesuai lalu di eksekusi 1 kali saja, sedangkan perulangan adalah akan dilakukan terus menerus dengan jumlah tertentu selama kondisi tertentu di penuhi dan sesuai.

pada python kali ini kita akan mempelajari dua perulangan yang umumnya selalu di pakai, yaitu perulangan For dan perulangan While.

For
Pengulangan pada For mengulang suatu blok kode dalam beberapa waktu sesuai dengan kondisi bila terpenuhi, perulangan for mengatur iterator untuk nilai yang ada di dalam list, array atau string dan melakukan proses di dalam perulangan for yang bersangkutan

Berikut adalah contoh for :



dan nanti hasilnya akan seperti ini :



Berikut untuk source code lengkap for, bisa di lihat pada gambar di bawah ini :


Definisi While

Pada dasarnya definisi dari while ini tidak berbeda jauh dengan for, perulangan while pada python adalah proses pengulangan  suatu blok kode program selama kondisi terpenuhi. Perulangan While dalah perulangan yang bersifat tidak pasti atau indefinate, atau bisa di katakan tidak terbatas.



Sebuah blok kode akan dilakukan terus-menerus selama suatu kondisi terpenuhi. Jika suatu kondisi ternyata tidak terpenuhi pada iterasi ke 10, maka perulangan akan berhenti. Jika kondisi yang sama pada saat yang berbeda ternyata berhenti pada iterasi ke 100, maka perulangan akan berhenti pada jumlah tersebut.

Berikut adalah contoh syntax dari while :


dan nanti hasilnya akan seperti ini :




Berikut untuk source code lengkap for, bisa di lihat pada gambar di bawah ini :


Dan berikut adalah penjelasan singkat dari for dan while. Kesimpulannya dalam penggunaan for dan while dalam python tidak berbeda jauh dengan pemrograman lainnya secara fungsi, yang membedakannya adalah di bagian syntax yang memang berbeda beda, dan dalam kegunaan nya. sekian untuk materi python ke 6 kali ini, Terimakasih untuk waktunya, semoga materi yang di sampaikan bermanfaat ke depannya, mohon maaf bila ada kekurangan dalam penjelasan materi. adios..

Post a Comment

Previous Post Next Post